Selasa, 25 Maret 2014

Makanan Yang Dilarang Bagi Penderita Diabetes

 

1. Nasi putih

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa nasi putih memicu penyakit diabetes. Hal tersebut dikarenakan nasi putih mengandung zat tepung dengan indeks gilkemik tinggi. Oleh karena itu, penderita diabetes tak disarankan untuk mengonsumsi nasi putih.

2. Pasta putih

Pasta putih memiliki sifat yang mudah dicerna sehingga bisa memicu kadar gula darah. Memasak pasta putih terlalu matang juga bisa memperparah kondisi diabetes.

3. Roti

Makanan yang terbuat dari tepung putih ini merupakan salah satu penyebab diabetes. Oleh karena itu, sebaiknya jangan mengonsumsi makanan yang satu ini jika Anda menderita diabetes. Jika menghindari roti putih, maka gula darah bisa stabil.

4. Kentang

Meskipun sayuran ini menyehatkan, namun ternyata kentang bisa meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Agar penyakit diabetes tak semakin parah, sebaiknya jangan mengonsumsinya.

5. Saus tomat

Rasa asam pada saus tomat seolah aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Tapi, ketahuilah bahwa kandungan di dalamnya tak baik untuk kadar gula dalam darah.

6. Pemanis buatan

Banyak makanan dan minuman yang memakai pemanis buatan. Banyak orang yang beranggapan juga bahwa pemanis buatan adalah zat adiktif yang tidak berbahaya. Bagi penderita diabetes, sebaiknya menghindari makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan untuk mengontrol gula darah.

7. Yoghurt rendah lemak

Yoghurt rendah lemak ternyata mengandung pemanis buatan. Oleh karena itu, sebaiknya dihindari oleh para penderita diabetes.

8. Minuman berenergi

Meski memberikan energi untuk tubuh, namun minuman ini memiliki efek buruk bagi penderita diabetes. Daripada meminum minuman itu, lebih baik Anda mengonsumsi air putih saja karena lebih sehat dan memiliki khasiat untuk tubuh.

9. Jus buah

Jika kadar gula sudah tinggi, maka sebaiknya menghindari jus buah. Ketahuilah bahwa jus buah memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Buah yang disarankan untuk dikonsumsi bagipenderita diabetes, seperti nanas, apel, pir, semangka, dan belimbing.
Itulah makanan yang sebaiknya tak dikonsumsi oleh penderita diabetes. Para penderita diabetes sebaiknya mengonsumsi kacang kenari, kacang polong, ikan salmon, tuna, oats kaya serat, dan perbanyak mengonsumsi sayur, seperti brokoli, wortel, tomat, bayam dan buncis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar